Pengertian Syarat Lengkap Dalam Istilah Islam

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang Pengertian apa itu Syarat, Rukun, Sah, Dan Batal, karena jika kita belum mengetahui maka kita harus belajar supaya tau bedanya satu demi satu karena patahan kata ada makna tersendiri.
Dalam islam malakukan sesuatu amalan ibadah yang baik dan benar itu ada macam – macam istilah, tentunya dibutuhkan aturan yang mengatur bagaimana amalan tersebut dilakukan sehingga mendaatkan amalan dalam ibadah yang baik dan benar karena jika tidak tau apalah arti seperti itukan dalam Islam terdapat beberapa istilah dalam meberikan aturan yang jelas tentang bagaimana amal ibadah seseorang dikatakan baik dan benar dalam melakukan perkara yang bertujuan untuk syahnya dalam ibadah atau batalnya ibadah.

Daftar istilah di bawah ini kita akan mengulas yang paling utama :
Rukun
Ruku Adalah perkara yang harus dipenuhi, dalam melakukan suatu pekerjaan/ibadah. Bila tidak terpenuhi maka ibadah/pekerjaan tersebut tidak sah jika di tinggalkan. Misalkan membaca tidak berniat dalam melakukan sholat.
Syarat
Adalah ketentuan atau perbuatan yang harus dipenuhi sebelum melakukan suatu pekerjaan atau ibadah. Tanpa memenuhi ketentuan/perbuatan tersebut, suatu pekerjaan dianggap tidak sah.
Batal
Artinya syarat dan rukunnya belum terpenuhi seluruhnya, atau terpenuhi namun tidak dilakukan secara benar maka hal itu akan mengakibatkan batal dalam istilah sholat.
Sah
Sah artinya syarat dan rukunnya telah terpenuhi secara benar dalam melakukan suatu ibadah/pekerjaan.

0 komentar:

Post a Comment